Tupoksi Siakad UNIB

LPTIK telah melakukan Rapat Koordinasi dengan stakeholder SIAKAD UNIB, yang meliputi: 

  1. Operator Registrasi
  2. Operator Keuangan Universitas
  3. Operator Keuangan Fakultas
  4. Admin SIAKAD (LPTIK)
  5. Koordinator Layanan SIAKAD
  6. Kasubag Akademik Fakultas

DOWNLOAD TUPOKSI SIAKAD UNIB

Rapat Koordinasi ini telah menyepakati TUPIKSI untuk masing-masing stakeholder, sebagai berikut:

No

Pengguna Siakad

Uraian Tugas dan Fungsi

1

Operator Registrasi

a)  Input data Mahasiswa baru

b)  Menetapkan besaran UKT untuk setiap Mahasiswa baru

c)   Mengirim data Mahasiswa baru dan Mahasiswa lama secara online melalui portal ke Bank sebagai dasar untuk pembayaran UKT/SPP

d)  Membuat NPM untuk Mahasiswa baru yang sudah bayar UKT

e)  Pas Photo Mahasiswa baru

f)   Preview/cetak daftar Mahasiswa aktif

g)  Preview/cetak daftar Mahasiswa tidak aktif

2

Mahasiswa

a)   Bayar UKT/SPP pada jadwal yang telah ditetapkan

b)   Input KRS dan KPRS dalam waktu yang telah ditetapkan

c)    Cetak KRS setelah ada persetujuan dari dosen PA

d)   Cetak KHS

e)   Input dan perbaikan biodata mahasiswa pada jadwal yang ditetapkan

3

Operator Keuangan Universitas

a)  Preview/cetak daftar penerimaan UKT group Fakultas & prodi

b)  Preview/cetak rekap penerimaan UKT group Fakultas & prodi

c)   Preview/cetak rekap penerimaan UKT group Fakultas & prodi

d)  Preview/cetak rekap penerimaan UKT group Universitas

e)  Preview/cetak daftar Mahasiswa belum bayar UKT group Fakultas & prodi

4

Operator Keuangan Fakultas

a)   Preview/cetak daftar penerimaan UKT group prodi

b)   Preview/cetak rekap penerimaan UKT group prodi

c)    Preview/cetak daftar Mahasiswa belum bayar UKT group Prodi

5

Dosen PA

Menyetujui KRS dan KPRS Mahasiswa sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

6

Dosen

Input Nilai dalam waktu yang telah ditetapkan

7

Admin Siakad

(LPTIK)

a)    Bertanggung jawab terhadap kelangsungan sistem Siakad

b)    Memonitoring kelangsungan sistem Siakad secara kontinu

c)     Memberikan hak akses kepada pengguna

d)    Rekap nilai, monitoring dan evaluasi

e)    Backup Database Siakad

f)     Mengatur penjadwalan input/perbaikan biodata mahasiswa

g)    Mengatur Penjadwalan input KRS dan KPRS sesuai dengan kalender akademik Universitas Bengkulu

h)    Mengatur Penjadwalan Input Nilai sesuai dengan kalender akademik Universitas Bengkulu

i)      Membantu Koord. Layanan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan Tupoksinya

j)      Mengevaluasi dan mengusulkan pengembangkan Siakad kepada Ketua LPTIK sesuai dengan kebutuhan

k)    Menyampaikan laporan kegiatan setiap akhir semester kepada Ketua LPTIK

8

Koord layanan SIAKAD

(LPTIK)

a)    Sosialisasi Siakad pada Mahasiswa baru

b)   Membantu/membimbing Mahasiswa yang belum bisa menggunakan portal akademik

c)    Sosialisasi hasil pengembangan Siakad kepada pengguna

d)   Jika ada mutasi Pengguna, memberikan pelatihan kepada Pengguna baru

e)   Membuat SOP untuk layanan Siakad

f)     Mengarahkan tempat penyelesaian masalah yang terkait dengan Portal Akademik kepada Mahasiswa, berdasarkan SOP

g)    Monitoring dan evaluasi kegiatan  pengguna Siakad di Fakultas/Unit

h)   Penambahan Mata Kuliah Umum lintas Fakultas

i)      Membantu Kasubag/Operator Akademik Fakultas untuk memecahkan masalah yang terkait dengan Tupoksinya

j)     Membantu Ketua Jurusan/Prodi untuk memecahkan masalah yang terkait dengan Tupoksinya

k)    Membantu Operator Registrasi untuk memecahkan masalah yang terkait dengan Tupoksinya

l)      Menyampaikan laporan kegiatan setiap akhir semester kepada Ketua LPTIK 

9

Wakil Dekan I

a)    Monitoring dan evaluasi kegiatan operator, kasubag dan ketua jurusan/prodi

b)    Menegur secara lisan atau tertulis kepada dosen yang sering terlambat memasukkan nilai

c)     Melaporkan kepada LPTIK apabila ada pergantian Operator, Kasubag atau ketua Jurusan/Prodi

10

Ketua Jurusan/Prodi

a)   Mengingatkan Dosen PA agar melakukan persetujuan KRS dan KPRS sesuai jadwal.

b)   Menyetujui KRS dan KPRS Mahasiswa apabila Dosen PA berhalangan atau belum menyetujui KRS sampai batas waktu yang telah ditetapkan.

c)    Mengingatkan Dosen  agar tidak terlambat input nilai

d)   Menyusun jadwal perkuliahan

e)   Verifikasi Transkrip Akademik sebagai persyaratan ujian/sidang skripsi Mahasiswa

f)    Input data ujian/sidang skripsi Mahasiswa

g)   Cetak rekap nilai Mahasiswa untuk kebutuhan Akreditasi

h)   Meminta bantuan Admin atau Koordinator layanan, apabila ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan

11

Kasubag Akademik

Fakultas

a)   Memberikan password Portal ke Dosen dan Mahasiswa (Agar dikemas sdemikian rupa sehingga kerahasiaan tetap terjamin)

b)   Membantu input nilai untuk dosen yang terlambat memasukan nilai dengan persetujuan Ketua Jurusan/Prodi dan Wakil Dekan I

c)    Melakukan perubahan nilai yang diajukan Dosen dengan persetujuan Ketua Jurusan/Prodi dan Wakil Dekan I

d)   Mata Kuliah lintas Prodi dalam satu Fakultas

e)   Meminta bantuan Admin atau Koordinator layanan, apabila ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan

f)    Mendokumentasikan surat permintaan perubahan nilai

g)   Mendokumentasikan surat permintaan input nilai bagi dosen yang terlambat memasukan nilai.

h)   Menyampaikan laporan kegiatan setiap akhir semester kepada  Wakil Dekan I

Peringatan:

Input/perbaikan nilai tidak boleh diwakilkan pada orang lain

12

Operator Fakultas

a)  Membantu Mahasiswa untuk menyelesaikan KRS yang bermasalah

b)  Membantu Mahasiswa untuk menyelesaikan KHS yang bermasalah (Menggunakan KHS manual)

c)   Penambahan atau Perubahan Jatah SKS Mahasiswa dengan Persetujuan Kajur/KaProdi

d)  Penguncian Transkrip Nilai

e)  Penyetaraan Kurikulum, Prasyarat Mata Kuliah.

f)   Mengatur Ruang dan Kelas

g)  Input Jadwal Perkuliahan

h)  Cetak Absensi Mahasiswa

i)    Cetak Transkrip Akademik Sementara

j)    Cetak rekap nilai Mahasiswa

k)  Pendaftaran Yudisium

13

Operator Diklu

a)   Cetak Transkrip Akademik

b)   Legalisir Transkrip Akademik

c)    Pendaftaran wisuda

d)   Cetak daftar calon wisudawan group Fakultas/Prodi

e)   Cetak daftar calon wisudawan berdasarkan predikat

f)    Cetak daftar calon wisuda lulusan terbaik

g)   Cetak daftar calon wisuda lulusan termuda

h)   Cetak & jilid buku calon wisudawan

Ditulis tanggal : 16 September 2014
comments powered by Disqus
  • Pengumuman
  • Berita
  • Panduan

Uji Kompetensi UKMPPG
[ 2017-11-11 ]

Penutupan Input SIAKAD
[ 2017-03-09 ]

Donor Darah
[ 2016-12-28 ]

Uji Kompetensi Guru
[ 2016-10-31 ]

Upacara Hari Sumpah Pemuda
[ 2016-10-27 ]

Cuti Tahunan Hari Raya Idul Fitri 2016
[ 2016-07-01 ]

Kegiatan Wisuda UNIB Periode ke-79
[ 2016-06-02 ]

Seleksi Tenaga Pendamping Profesional
[ 2016-05-28 ]

Seleksi Pendamping Desa
[ 2016-05-27 ]

Pelaporan Data Perguruan Tinggi
[ 2016-05-17 ]

Kenaikan Pangkat Oktober 2016
[ 2016-05-16 ]

Ruang Ujian SBMPTN 2016
[ 2016-05-14 ]

Seminar Nasional Dies Natalis UNIB
[ 2016-04-16 ]

Pelatihan dan Entry Data SiRemun
[ 2015-12-04 ]

Pelatihan Operator SIAKAD Prodi S2 dan S3
[ 2015-10-02 ]

Seminar Nasional Energi Biomassa
[ 2015-08-24 ]

Jadwal Registrasi Mhs SMT Ganjil 2015
[ 2015-07-23 ]

CONMEDIA 2015
[ 2015-06-23 ]

Penetapan jam Kerja pada Ramadhan 1436 H
[ 2015-06-17 ]

Jadwal Pembayaran KAS dan UKT mhs baru
[ 2015-06-06 ]

Wisuda UNIB Periode ke-76 (26 Agustus 2015)
[ 2015-06-05 ]

Jadwal Ujian Metode CAT/CBT
[ 2015-05-27 ]

Kuliah Umum
[ 2015-05-25 ]

Pelatihan Portal Akademik bagi Dosen
[ 2015-05-05 ]

Upacara Hari Pendidikan Nasional 2015
[ 2015-04-27 ]

Jadwal Kegiatan Dies Natalis ke-33 UNIB
[ 2015-04-09 ]

Pendaftaran Wisuda S2 dan PSKGJ
[ 2015-03-04 ]

Ujian Sumatif Prodi Pendidikan Dokter
[ 2015-02-26 ]

Pelatihan Input dan Monitoring SIAKAD
[ 2015-02-20 ]

Pelatihan Modul Wisuda SIAKAD
[ 2015-02-04 ]

Penggunaan Ruang Video Conference
[ 2015-01-30 ]

Wisuda UNIB Periode ke-75 (22 April 2015)
[ 2015-01-29 ]

Input Nilai
[ 2015-01-30 ]

Tupoksi Siakad UNIB
[ 2014-09-16 ]

ONLINE SUPPORT
Teknisi
Jaringan
Sistem