CBT/CAT

Selain melayani praktek mata kuliah Aplikasi Komputer,  LPTIK Universitas Bengkulu juga melayani Ujian Berbasis Komputer atau disebut juga dengan Computer Based Test (CBT). Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

LPTIK Universitas Bengkulu dapat melayani Computer Based Test (CBT) dengan pilihan sistem ujian sebagai berikut:     

Sistem Ujian Semi Online

Sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal , kemudian ujian Peserta dilayani oleh server lokal secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal  ke server pusat secara online. Sistem ini didukung oleh jaringan Fiber Optik (FO) dengan Bandwidth 200 Mbps.

Pengalaman : (1) Ujian sertfikasi guru Provinsi Bengkulu tahun 2016; dan (2) Tes CPNS Dosen

Sistem Ujian Online

Sistem ujian online yaitu soal berada di server pusat , kemudian ujian Peserta dilayani oleh server  pusat secara online. Sistem ini didukung jaringan Fiber Optik (FO) dengan Bandwidth 200 Mbps.

Pengalaman : (1) Mulai tahun 2014 LPTIK Universitas Bengkulu ditunjuk sebagai penyelenggara ujian sertifikasi dosen  tingkat Nasional, sehingga sampai sekarang LPTIK masih melayani ujian tersebut yang diikuti oleh peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, baik Perguruan Tinggi yang berda di Provinsi Bengkulu maupun Perguruan Tinggi dari Privinsi lain; (2) Uji Kompetensi Guru (UKG); dan (2) Uji Kompetensi dokter

Sistem Ujian Lokal

Sistem Lokal yaitu soal berda di server lokal , kemudian ujian Peserta dilayani oleh server  lokal yang terkoneksi dengan sistem jaringan LAN. Server bisa dibawa sendiri oleh penyelenggara atau disiapkan oleh LPTIK Universitas Bengkulu. Sistem ini didukung jaringan Fiber Optik (FO) dengan sistem jaringan LAN.

Pengalaman : (1) Tes CPNS tahun 2014 yang diikuti oleh 16.000 peserta; (2) Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa Universitas Bengkulu, dengan menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) yang dibuat oleh LPTIK Universitas Bengkulu.

Aplikasi Computer Based Test (CBT) yang dibuat oleh LPTIK Universitas Bengkulu,  dapat digunakan untuk  UAS maupun TO untuk siswa SLTA.

FASILITAS

Untuk mendukung Computer Based Test (CBT), LPTIK telah menyiapkan fasilitas sebagai berikut:                                            

Komputer yang terkoneksi dengan jaringan LAN/Internet, dengan spesifikasi sebagai berikut : (1) Intel Pentium Core@30 Ghz; (2) RAM 4 GB; (3) Windows 7; (4) Office 2010; (5) Monitor 23"; (6) Audio; (7) VGA Nvidia; dan (8) HDD 500 GB

Lab Komputer I  dengan fasilitas : (1) Kapasitas 100 unit komputer; (2) Ruang Server ; (3) LCD 2 unit; (4) AC  5 unit; (5) Meja pengawas 4 set; (6) Sound system; dan (7) Kamera CCTV         

Lab Komputer II  dengan fasilitas : (1) Kapasitas 50 unit komputer; (2) LCD 1 unit; (3) AC 3 unit; (4) Meja pengawas 2 set

Fasilitas lainnya :  Ruang Panitia Penyelenggara ber AC, kapasitas 12 orang, Ruang Hall (ruang tunggu sesi) kapasitas 100 orang, Genset 135 kVA secara otomatis akan hidup apabila listrik padam, UPS untuk server, Toilet pria & wanita, Mushalla, Kantin (CafeNet)

Tenaga Ahli Pendamping                                       

  1. Programer 2 orang (Sistem berbasis web  & Desktop)    
  2. Adminitrator jaringan 2 orang (Sistem jaringan & Hadware)
  3. Teknisi jaringan 2 orang
  4. Teknisi listrik & Genset 1 orang