Pusat Jaringan

Pusat Jaringan LPTIK merupakan salah satu unit kerja (divisi) di LPTIK Universitas Bengkulu yang di kepalai oleh seorang kepala pusat jaringan. Kepala pusat ini langsung bertanggung jawab terhadap ketua LPTIK. Kepala pusat jaringan LPTIK Unib pada saat ini dijabat oleh Ernawati, ST., M.Cs.yang merupakan salah satu dosen Fakultas Teknik prodi Teknik Informatika dan tentunya sudah berpengalaman dalam bidang jaringan IT. Di pusat divisi jaringan ini, terbagi menjadi 2 koordinator jaringan yaitu koordinator system administrasi jaringan dan koordinator system jaringan yang masing-masing mempunyai tugas pokok dan fungsi yang berbeda. Koordinator system administrasi jaringan dijabat oleh Bambang Aris, A.Md dan coordinator system jaringan dijabat oleh Riduan Afdilla, S.Kom yang keduanya merupakan tenaga professional yang berpengalaman.

Setiap unit kerja selingkung UniB, baik di kampus utama yang terletak di Jalan W.R. Supratman maupun kampus yang di luar kampus utama yang berada di Jalan Cimanuk (kampus PGSD, FKIP) dan Air Sebakul (kampus Penjaskes, FKIP) sudah terhubung dengan memanfaatkan jaringan local area network (LAN) maupun WLAN. Tulang punggung jaringan LAN di kampus utama menggunakan fiber optic (FO) serta dibantu dengan airlife untuk lokasi atau unit kerja yang belum terhubung dengan FO.

Jaringan FO di UniB sudah berumur 12 tahun, dipasang pada tahun 1999/2000, dengan kapasitas FO terpasang maksimum 100 mbps.Gedung-gedung yang tersambung dengan jaringan FO adalah Rektorat, Fakultas KIP, ISIPOL, MIPA, Pertanian, Ekonomi, Hukum, Diklat LPTIK, dan UPT Perpustakaan.Sedangkan satuan kerja yang belum memiliki jaringan FO yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta kampus UniB yang berada di luar kampus utama difasilitasi dengan menggunakan airlife.

Peningkatan kinerja jaringan juga dilaksanakan secara berkelanjutan.Hal ini dilakukan untuk antisipasi kebutuhan pemanfaatan jaringan yang semakin bertambah. Peningkatan itu antara lain perbaikan arsitektur jaringan, yang semula akses jaringan dilakukan secara terpusat, tetapi saat ini akses jaringan sudah terdistribusi dibeberapa tempat. Dengan demikian beban server pusat tidak terlalu berat, yang berakibat pada kestabilan jaringan, khususnya dalam pelayanan akses ke pengguna. Saat ini secara fungsional para pemakai sudah dapat memanfaatkan jaringan Unib, khususnya dalam akses internet, di berbagai tempat selingkung Unib.Banyak sedikitnya access point pada suatu lokasi disesuaikan dengan luas lokasi dan jumlah penggunanya.