Pusat SIM

Salah satu unit kerja (divisi) di LPTIK yang sangat penting keberadaannya adalah Pusat Sistem Informasi Manajemen. Pusat SIM LPTIK di kepalai oleh seorang kepala pusat SIM, FUNNY FARADY COASTERA, S.Kom., MT. yang merupakan salah satu professional yang handal dalam bidang IT khususnya bidang system informasi dan seorang dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Untuk membantu tugasnya dalam bidang pengembangan SIM, maka dibentuklah 4 koordinator SIM yang masing-masing memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda. Empat coordinator tersebut seperti di bawah ini:

Koordinator Pelayanan SIM

:

Jacky Sukmana, S.Kom.

Koordinator Aplikasi Database

:

Yudi Setiawan, S.T,. M.Eng

Koordinator Manajemen Web

:

Rusdi Efendi, S.T,. M.T

Koordinator Multimedia dan E-Learning

:

Eko Risdianto, S.Si,. M.Sc

 

Sistem informasi manajemen yang sudah dimiliki UniB dan terpasang di server yang ada di NOC (Network Operation Center) Rektorat Unib sudah lengkap serta mencukupi keperluan sehari-hari aktivitas perkantoran unit kerja selingkung UniB.Sistem informasi yang sudah dipasang adalah SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), SISREG (Sistem Informasi Registrasi), SISDM (Sistem Informasi Sumberdya Manusia), SIASET (Sistem Informasi Aset), Sistem Informasi Absensi, Web Universitas, Web Lembaga, Web Fakultas, SIKEU (Sistem Informasi Keuangan), dan sebagainya.

Hal yang sangat menggembirakan adalah UniB sudah dapat menyediakan software untuk pelaksanaan ujian semester berbantuan komputer (CAT). Software ini berbasis web dan dikembangkan oleh Divisi Sistem Informasi Manajemen Batik. Sebanyak kurang lebih 10 mata kuliah, di luar mata kuliah Aplikasi Komputer, dari dosen yang mengikuti pelatihan sudah mendaftarkan diri untuk melaksanakan UAS dengan pola CAT. Keuntungan yang diperoleh adalah mahasiswa langsung melihat hasil ujian mereka.Sebaliknya dosen dengan cepat memperoleh nilai seketika tanpa perlu memeriksa secara manual.Dampak ikutannya adalah nilai dari dosen tidak akan terlambat.

Selain itu UniB melalui LPTIK di percaya sebagai instansi yang menyelenggarakan CAT CPNS 2014 untuk 10 instansi pemerintah yaitu:

 (1)    Provinsi Bengkulu,
(2)    Kabupaten Bengkulu Selatan,
(3)    Kabupaten Bengkulu Utara,
(4)    Kabupaten Kaur,
(5)    Kabupaten Lebong,
(6)    Kabupaten Muko-Muko,
(7)    Kabupaten Seluma,
(8)    IPDN Bengkulu,
(9)    Basarnas, dan
(10)  Universitas Bengkulu.